twitter
rss

Jadilah pribadi yang mandiri. Karna sejatinya kita akan hidup sendiri. Jangan jadikan setiap masalah itu beban dalam hidup mu. Buat semuanya menjadi suatu pembelajaran yang sangat berarti. Kita tak bisa menjadi pribadi yang selalu membutuhkan dorongan dari orang lain. Orang lain takkan bisa selalu mendampingi kita disaat apapun. Hanya diri kita sendiri yang mampu menyelamatkan kita dari kondisi apapun itu. Hanya dengan keyakinan diri atau self concept, kita mampu hadapi semuanya, tanpa orang lain.
Pribadi yang hanya mengandalkan orang lain sesungguhnya bukanlah manusia sejati yang hidup dengan sesungguhnya. Pribadi sesungguhnya yaitu pribadi yang mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan dirinya dan ia memiliki self management yang baik, sehingga ia mampu mengeksplorasi kelebihannya dan mereduksi setiap kekurangannya hingga ia mencapai tujuan hidupnya yang sebenarnya. Dan ia takkan pernah menjadikan kekurangannya itu sebagai suatu alasan untuk satu masalahnya.

Emm dari "kasus" itu sih kita bisa telaah dari suatu ilmu yang mempelajari tentang diri, yukss kita bahas..

Self atau diri adalah pusat dari dunia sosial setiap orang. Diri merupakan kesadaran seseorang mengenai siapa dirinya. Diri ideal, yaitu apa yang diinginkan orang tentang dirinya. Adapun dalam diri yaitu konsep diri. Konsep diri merupakan sekumpulan keyakinan, persepsi diri, dan perasaan seseorang mengenai dirinya yang terorganisasi. Keyakinan tersebut dapat berkaitan dengan bakat, minat, kemampuan, penampilan fisik, dan lain sebagainya. Konsep diri mempengaruhi perilaku seseorang, terutama dalam menanggapi dunia dan pengalaman (Markus, 1977). Konsep diri dipengaruhi oleh orang lain dalam proses interaksi sosial. Konsep diri seseorang diperoleh dari hasil penilaian atau evaluasi orang lain terhadap dirinya. Selain dari penilaian orang lain, konsep diri terbentuk melalui hasil dari tindakan kita yang mendorong untuk melakukan introspeksi dan persepsi diri. Introspeksi dilakukan ketika seseorang berusaha memahami dan menilai mengapa ia melakukan tindakan tertentu. Persepsi diri dilakukan ketika seseorang mengatribusikan secara internal hasil yang diterimanya.
Adapun ciri-ciri pribadi yamng memiliki konsep diri yang positif yaitu:
·         Kata‑kata dan janji dapat dipegang
·         Mengembangkan tujuan hidupniat dan pemikiran positif 
·         Memberikan dorongan dan motivasi pada orang lain
·         Tidak segan mempromosikan orang lain
·         Tidak kikir memberi pujian
·         Menerima kritik dengan terbuka
·         Dapat mengemukakan pendapat  dan perasaan dengan baik (assertif)
·         Tidak mengalami hambatan untuk bicara dengan orang lain
·         Cepat tanggap terhadap situasi disekeliling
·         Berusaha memahami perilaku orang lain

Kemudian adapula ciri pribadi yang memiliki konsep diri yang negatif, yaitu:
·         Mudah tersinggung
·         Janji tidak bisa dipegang
·         Sulit menerima kritik
·         Sering menyalahkan diri sendiri
·         Lebih memilih tidak mengembangkan diri 



0 komentar:

Posting Komentar